MONITORING TINDAK LANJUT KAPABILITAS APIP MENUJU LEVEL 2 IACM
08 2016

Sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan Peraturan pemerintah (PP) No.  60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, maka BPKP Perwakilan Wilayah Jambi melaksanakan kegiatan Moitoring Tindak Lanjut Kapabilitas APIP menuju level 2 IACM yang bertempat di ruang rapat Sekretaris Inspektorat Provinsi Jambi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari kerja mulai tanggal 5 September sampai dengan 9 September 2016, yang dihadiri oleh Tim Perwakilan dari  BPKP Provinsi Jambi, yaitu Yenni Evita selaku Ketua Tim, Zulhanafi selaku Wakil Penanggung Jawab, Khairizan selaku Pengendali Teknis, dan Dina Aprilitawati selaku anggota serta dari Inspektorat Provinsi Jambi. Kegiatan Monitoring ini dimaksudkan untuk memantau perkembangan pelaksanaan action plan yang sudah disusun oleh masing-masing APIP. Diharapkan dengan adanya rangkaian kegiatan monitoring ini dapat meningkatkan self improvement kapabilitas APIP menuju ke tingkat level kapabilitas yang lebih tinggi.

KEGIATAN PRESS RELEASE SABER PUNGLI UPP PROVINSI JAMBI
13 2017

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar, surat telegram kapolri Nomor: STR/112/I/2017 tentang saber pungli kepada Presiden RI dan Evaluasi Pelaksanaan UPP Provinsi/Kabupaten/Kota  dan Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor: 936/KEP.GUB/ITPROV-1.2/XI/2016 Tentang Pembentukan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Provinsi Jambi. Diadakan kegiatan press release saber pungli UPP Provinsi Jambi yang bertempat di Mapolda Jambi pada tanggal 13 April 2017.

KEGIATAN EXSPOSE DENGAN KEJAKSAAN NEGERI JAMBI
22 2017

Pihak kejaksaan Negeri Jambi menyampaikan Materi persoalan dan pembahasan terhadap permasalahan sesuai kegiatan dengan yang telah dilaksanakan.

INSPEKTUR PROVINSI JAMBI PIMPIN APEL PAGI PASCA LIBUR IDUL ADHA
22 2017

Inspektur Provinsi Jambi H. Hefni Zen, SH, MM mengambil apel pagi di lingkungan Inspektorat Provinsi Jambi (Selasa, 13 September 2016). Dalam amanatnya, Inspektur mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah kepada seluruh pegawai Inspektorat Provinsi Jambi. Bapak Inspektur juga menyampaikan apresiasinya terhadap pegawai yang tetap disiplin dan selalu berusaha meningkatkan kemampuan dalam melaksanakan tugas. Apel pagi tersebut diikuti oleh seluruh pegawai Inspektorat Provinsi Jambi.

SENAM SEHAT BERSAMA HARIAN TRIBUN JAMBI DAN HONDA
23 2016

Tribun Vaganza bersama Harian Tribun Jambi, Dealer Honda dan Trona Jamtos semakin meriah dengan senam sehat di Kantor Inspektorat Provinsi Jambi, Jum’at (23/9). Dalam senam sehat ini Harian Tribun dan Dealer Honda menghadirkan instruktur senam berpengalaman untuk memberikan sensasi senam yang sehat dan menyenangkan.

Selain melaksanakan senam sehat Harian Tribun Jambi beserta Dealer Honda menyediakan doorprize untuk tiga orang yang beruntung masing-masing berhak mendapatkan voucher belanja gratis senilai Rp 500.000,-. Pemenang yang beruntung tersebut yaitu Ibu Riama Hesti, Ibu Zufleni dan Reki Maulana.

PENYERAHAN EXIT BERSAMA TIM BPK-RI PERWAKILAN PROVINSI JAMBI
13 Oktober 2016

Kamis, 13 Oktober 2016 di Ruang Rapat Setda Provinsi Jambi dilaksanakan kegiatan penyerahan hasil pemeriksaan/exit bersama Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi atas pemeriksaan kinerja BUMD pada Provinsi Jambi. Dipimpin langsung oleh Asisten 3, Inspektur Provinsi Jambi, Kepala BPKAD Provinsi Jambi, Kepala Biro Perekonomian dan SDA Provinsi Jambi, Kasubbag Evlap Inspektorat Provinsi Jambi.

KEGIATAN ENTRY BRIEFING TIM BPK RI PERWAKILAN PROVINSI JAMBI
25 Oktober 2016

Selasa, 25 Oktober 2016, di Ruang Rapat Sekda Provinsi Jambi telah dilaksanakan kegiatan Entry Briefing Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi dalam rangka pemeriksaan atas pengelolaan dan pertanggung jawaban belanja modal tahun anggaran 2016 pada Pemerintah Provinsi Jambi dipimpin langsung oleh Asisten 3 Sekda Provinsi Jambi. Dari Inspektorat Provinsi Jambi di hadiri oleh Inspektur Provinsi Jambi (H. Hefni Zen,S.H.M.M).

RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN DAERAH (RAKORWASDA) INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI
22 2017

Bapak Wakil Gubernur Jambi (Drs. H.Fachrori Umar,M.Hum) Membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (RAKORWASDA) dengan tema melalui Rakorwasda 2016, kita tingkatkan peran dan fungsi APIP sebagai Early Warning System dalam mengawal pemberantasan korupsi dan saber pungli di Provinsi Jambi dan sebagai Narasumber acara ini dari Irwasda Polda Jambi (Kombes Pol Drs. Muchlis AS.M.H) dengan materi Saber Pungli, ASWAS Kejati Jambi (Teuku Rahman,SH.MH) dengan materi Kerjasama APIP dan APH dalam pemberantasan korupsi dan saber pungli dan Ketua OMBUDSMAN Provinsi Jambi (H.Taufik Yasak,SH.M.M) dengan materi Pengawasan Pelayanan Publik dalam mendukung saber pungli, dan sebagai moderator Inspektur Provinsi Jambi (H.Hefnizen.SH.M.M), acara ini dilanjutkan dengan acara penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Bersama Pengawasan/Pembinaan Inspektorat Provinsi Jambi dengan Kab/Kota Se Provinsi Jambi. acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2016 di Ruang Pola Inspektorat Provinsi Jambi

SENAM SEHAT
31 2017

mensana incorpore sano, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, Inspektorat Provinsi Jambi pada Jumat 31 Maret 2017 mengadakan kegiatan senam sehat yang dikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Inspektorat Provinsi Jambi. Diharapkan dengan diadakannya kegiatan senam sehat ini menjadikan karyawan dan karyawati Inspektorat Provinsi Jambi lebih semangat lagi dalam menjalankan aktivitas kedepannya.

KEGIATAN APEL PAGI DI INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI PADA BULAN RAMADHAN 1438 H
12 2017

Kegiatan apel pagi di Inspektorat Provinsi Jambi pada bulan Ramadhan 1438 H

Meskipun dalam bulan Suci Ramadhan Tahun 1438 H, namun tidak mengurangi semangat Karyawan/Karyawati Inspektorat Provinsi Jambi dalam melaksanakan Upacara hari Senin. Semangat tersebut juga di tunjukan oleh Ibu-ibu pada Bagian Wilayah II sebagai petugas upacara.

MAKAN SIANG BERSAMA KARYAWAN/KARYAWATI INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI JAMBI
04 2017

Untuk Memperat Tali Silaturrahmi antara karyawan dan karyawati Inspektorat Daerah Provinsi Jambi, diadakan acara makan siang bersama seluruh karyawan & karyawati Inspektorat Daerah Provinsi jambi di Kediaman Bapak Inspektur (Kailani,SH,M.Hum)

SELAMAT IDUL FITRI 1438H
03 2017

Kami Segenap Karyawan/Karyawati Inspektorat Daerah Provinsi Jambi Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H Minal Aidin Walfaiizin Mohoh Maaf Lahir dan Bathin,

APEL PAGI DAN SIDAK HARI PERTAMA KERJA SETELAH LIBUR IDUL FITRI 1438 H
04 2017

Suasana apel pagi dan Sidak oleh Sekda Provinsi Jambi di Inspektorat Daerah Provinsi Jambi pada hari pertama kerja setelah libur Idul Fitri 1438 H.

ENTRY MEETING TIM PENGAWAS INSPEKTORAT JENDRAL KEMENTRIAN DALAM NEGERI
15 2018

 

Pada Senin, 14 Mei 2018, Inspektorat Provinsi Jambi menerima kunjungan kerja dari tim Inspektorat Jenderal Kementrian Dalam Negeri. Kegiatan tersebut dalam rangka Melaksanakan Pengawasan Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Daerah di Provinsi Jambi 2018. Entry Meeting tersebut dilanksanakan di Ruang Aula Inspektorat Provinsi Jambi pada jam 13.00 siang yang dihadiri oleh sejumlah jajaran oejabat eselon dan struktural OPD Provinsi Jambi.

 

ANEV KEGIATAN SATGAS SABER PUNGLI
01 2017

ANEV Kegiatan Satgas Saber Pungli UPP Provinsi Jambi dan UPP Kabupaten/Kota dalam Provinsi Jambi 3 Triwulan Periode bulan November 2016 s.d 31 Juli 2017 di POLDA Jambi

BIMBINGAN TEKNIS (BIMTEK) PENINGKATAN KAPABILITAS APIP MENUJU LEVEL 3 PADA INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI
30 2018

 

Inspektorat Provinsi Jambi bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Jambi melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapabilitas APIP menuju level 3 yang bertempat di Ruang Rapat Inspektur, Senin, 28 Mei 2018.

Bimtek dihadiri oleh Tim perwakilan BPKP Jambi dan Pejabat Struktural Inspektorat Provinsi Jambi yang dipimpin langsung oleh Inspektur. Bimtek ini akan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari kerja mulai tanggal 28 Mei 2018 sampai dengan 7 Juni 2018. 

 

HUT RI KE 72 TAHUN
28 2017

Dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-72 tahun, Provinsi Jambi mengadakan berbagai acara/perlombaan yang bertempat di ex. Arena MTQ Provinsi Jambi  pada hari Minggu tanggal 27 Agustus 2017, diantaranya gerak jalan sehat, senam bersama, lomba panjat pinang 75 batang, lomba tarik tambang, lomba lari karung, lomba tangkap ikan lele dan lomba makan kerupuk. Acara ini disambut dengan antusias oleh seluruh masyarakat Jambi, yang mana seluruh masyarakat Jambi sudah mulai berkumpul sejak pukul 05.30 pagi...

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1439 HIJRIAH
11 2018

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1439 HIJRIAH

RAPAT KOORDINASI ANALISA DAN EVALUASI SATGAS SABER PUNGLI
18 Oktober 2017

 

Kombespol Drs. edy sukaryo yang juga selaku ketua UPP Provinsi Jambi memimpin analisa evaluasi dan rapat koordinasi SATGAS SABER PUNGLI yang bertempat di ruang pola Inspektorat Provinsi Jambi, Senin (16/10/2017). Rapat dihadiri oleh seluruh UPP Kabupaten/Kota seluruh Provinsi Jambi, POLRESTA se-Provinsi Jambi serta kelompok ahli OMBUDSMAN.


Kombespol Edy menyampaikan bahwa perlunya langkah-langkah yang lebih riil dalam memberikan pertanggungjawaban kepada masyarakat.


"Kita para personil yang sudah ditunjuk Bapak Gubernur tentunya harus ada keinginan besar memberikan pertanggung jawaban kepada masyarakat, karena kegiatan yang dilaksanakan baik kegiatan intelejen tentang pungutan tidak resmi yang terjadi di wilayah Jambi, kegiatan ini dibiaya oleh uang negara, mau tidak mau kita harus melaksanakan dan melaporkan kepada Bapak Gubernur" jelasnya.


Inspektur Provinsi Jambi, Dr. Kailani, SH, M.Hum juga menambahkan bahwa perlu adanya output dalam bentuk masukan dari UPP provinsi, Kabupaten/Kota dan Kepala Daerah.


Dengan terbentuknya tim SATGAS SABER PUNGLI di Provinsi Jambi ini dapat menciptakan Provinsi Jambi yang bersih serta bebas dari pungutan liar.

RAPAT KOORDINASI & SUPERVISI PENCEGAHAN DAN PENINDAKAN KORUPSI TERINTEGRASI PROVINSI JAMBI
24 November 2017

 

Gubernur Jambi, H. Zumi Zola Zulkifli mendantangani Komitmen dan Rencana Aksi Pencegahan dan Penindakan Terintegrasi di Provinsi Jambi. Acara ini diharidi oleh seluruh Bupati/Walikota se Provinsi Jambi dan bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (21/11/2017) pukul 08.00 WIB.

Penandatangan ini dilaksanakan oleh Kasatgas (Kepala Satuan Tugas) Koordinasi Supervisi dan Pencegahan Korupsi (Korsupgah) Wilayah III Pemberantasan Korupsi (KPK). Penandatanganan komitmen dan rencana aksi dalam rangka pencegahan serta penindakan korupsi ini merupakan media penguatan anti korupsi di Jambi. Zumi Zola mengatakan bahwa acara ini memiliki makna yang strategis dalam menggelorakan gerakan anti korupsi di Jambi. Terlebih lagi ketika korupsi semakin marak di lingkungan pemerintah daerah, baik yang dilakukan anggota legislatif, pejabat pemerintah maupun pengusaha.

 

Zumi Zola mengungkapkan, fungsi dari Aparat Pengawas Internal (APIP) harus segera dioptimalkan, untuk mengidentifikasi berbagai persoalan, meminimalisir resiko, dan penyebab kecurangan dalam tata kelola anggaran, sehingga dapat menurunkan potensi tingkat korupsi. 


PNS PEMPROV JAMBI DIWAJIBKAN MEMAKAI PAKAIAN ADAT MELAYU JAMBI
09 2018

 

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi yang ke 61 seluruh Pegawai Pemprov Jambi diwajibkan mengenakan Pakaian Adat Melayu Jambi selama 5 hari berturut-turut, yakni dari tanggal 5 s.d 12 Januari 2018 sesuai dengan surat edaran Gubernur Nomor 40/SETDA.PEM.OTDA/I/2018 tentang peringatan HUT Provinsi Jambi ke 61.

Dalam surat tersebut mewajibkan seluruh PNS laki-laki mengenakan Teluk Belango dan Peci Nasional, sedangkan PNS perempuan diwajibkan mengenakan Baju Kurung dan Tengkuluk. Adapun tujuan aturan pemakaian tersebut Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli mengatakan bahwa partisipasi masyarakat dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Provinsi Jambi agar masyarakat luas terlibat dalam rangkaian kegiatan HUT Provinsi Jambi serta berharap supaya HUT Provinsi Jambi membawa manfaat bagi masyarakat Provinsi Jambi.

DHARMA WANITA INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI JAMBI LAKSANAKAN ARISAN RUTIN PERTAMA DI TAHUN 2018
11 2018

 

Dharma Wanita Persatuan Kantor Inspektorat Daerah Provinsi Jambi rutin melaksanakan arisan bulanan. Pelaksanaan acara ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Inspektorat Daerah Provinsi Jambi. Bu Hj. Efriyati Kailani selaku Ketua Dharma Wanita dalam sambutannya mengajak peserta yang hadir agar selalu aktif mengikuti kegiatan yang sudah menjadi kewajiban bersama. Hal ini berguna untuk menjalin silaturahmi sesama antar anggota.

Selain itu kegiatan ini berguna untuk menambah informasi dan pengetahuan dalam mendampingi suami menjalankan tugasnya sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat. Seorang Istri harus pandai memberikan motivasi, dukungan dan do'a untuk suami dalam menjalankan tugasnya dengan baik, karena keberhasilan seorang suami dalam menjalankan tugasnya tidak lepas dari usaha seorang istri. 

Di akhir sambutannya Ketua Dharma Wanita mengucapkan terima kasih kepada Ibu-Ibu Dharma Wanita yang telah meluangkan waktunya mengikuti acara arisan.

PEGAWAI INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI JAMBI ANTUSIAS IKUTI SENAM BERSAMA
12 2018

Sebagai usaha mewujudkan pola hidup yang sehat, Inspektorat Daerah Provinsi Jambi menggelar senam bersama di halaman depan kantor, Jum'at (12/1). Berolah raga bersama diharapkan dapat mempererat kekompakan antar sesama PNS serta memberikan penyegaran dan kebugaran tubuh dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Meskipun dibawah sinar matahari dan keringat bercucuran, seluruh PNS tetap bersemangat mengikuti gerakan instruktur senam. Kegiatan senam bersama ini akan terus digelorakan menjadi agenda rutin di setiap jumat pagi sebelum melaksanakan aktivitas. 

  

 

RAPAT INTERNAL PEMANTAPAN KEGIATAN SABER PUNGLI UPP PROVINSI JAMBI TAHUN 2018
13 2018

   

 

Bertempat di Aula Inspektorat Provinsi Jambi, Tim Saber Pungli menggelar rapat internal dalam rangka pemantapan kegiatan Saber Pungli UPP Provinsi Jambi, Senin, 12 Maret 2018. Rapat tersebut sesuai dengan Perpres No. 87 Tahun 2016, yang dipimpin oleh Irwasda Polda Jambi Kombes Drs. Edy Sukarso yang dihadiri oleh seluruh Tim Saber Pungli UPP (Unit Pemberantasan Pungli) Provinsi Jambi.

Adapun yang menjadi pembahasan dalam rapat internal itu diantaranya membahas anggaran kegiatan serta menanggapi laporan tiap pokja. Dalam rapat itu Edy Sukaryo mengemukakan bahwa perlunya 5 aspek dalam pelaksanaan berbagai kegiatan Saber Pungli yakni: SDM; Manajemen Operasional; Sarana dan Prasarana; Kepemimpinan yang tepat dan Komitmen. Adapun 4 pokja yang disampaikan pelaporannya dalam rapat tersebut yakni: 1) Pokja Intelijen, 2) Pokja Pencegahan, 3) Pokja Penindakan, dan 4) Pokja Yustisi.

RAPAT KERJA PERSIAPAN KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI REALISASI RENCANA AKSI PROGRAM PEMBERANTASAN KORUPSI OLEH KPK
13 2018

  

 

Rapat Kerja Persiapan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Realisasi Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur Jambi yang dipimpin langsung oleh Bapak Asisten I Setda Provinsi Jambi Drs.H.Apani Saharudin dan dihadiri oleh seluruh anggota Tim Rencana Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Provinsi Jambi, Selasa, 13 Maret 2018 Pukul 09.00 WIB s/d selesai.

MONITORING DAN EVALUASI (MONEV) YANG DISELENGGARAKAN OLEH KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) BERSAMA PEMPROV JAMBI
21 2018

 

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama seluruh pejabat Jambi memulai kegiatan monitoring dan evaluasi realisasi rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi yang bertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur Provinsi Jambi, Senin, 19 Maret 2018. Koordinator Wilayah Sumatera II KPK RI, Adliansyah Malik Nasution mengatakan, pertemuan KPK bersama Zumi Zola dan jajaran pejabat di Jambi merupakan bagian dari langkah KPK dalam upaya monitoring dan evaluasi (monev) untuk mendorong birokrasi yang bersih. Menurutnya, kegiatan rapat monev tersebut merupakan bagian dari realisasi rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi serta rencana aksi sektor strategis Provinsi Jambi.

Ia mengemukakan, ada dua sektor strategis yang akan menjadi fokus tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK dan KPK akan membantu Provinsi Jambi. Salah satunya terkait penerimaan daerah melalui pajak dan retribusi. Terdapat lima pokok, yakni pajak kendaraan bermotor, bea balik nama, air permukaan, cukai rokok, dan pajak bahan bakar minyak. Sektor strategis kedua yang menjadi fokus KPK adalah Sumber Daya Alam (SDA) yang ada pada Dinas Energi Sumber Daya Mineral. Masalah pertambangan ini meliputi izin-izin tambang yang telah dicabut, atau hal lainnya dari pengusaha tambang terkait aktivitas pertambangan. Selain pertambangan, sektor SDA lainnya yaitu hutan, perkebunan, dan kelautan, juga akan menjadi fokus Korsupgah KPK. Di samping itu, KPK juga akan masuk pada sektor kesehatan yang merujuk pada fungsi pelayanan dasar masyarakat. Tak hanya itu, sektor pendidikan dan infrastruktur juga akan mendapatkan perhatian khusus dan akan dilihat dari proses awal hingga akhirnya, sehingga semua berjalan dengan baik.

Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli mengharapkan agar kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa lebih mendorong perbaikan birokrasi di Provinsi Jambi. Zola mengemukakan, dengan dilakukannya monev oleh KPK ini akan diketahui progres pelaksanaan pembenahan pada masing-masing Pokja, dan KPK tentu akan memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan kekurangan pada tata kelola pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN PEJABAT FUNGSIONAL AUDITOR DI LINGKUNGAN INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI
26 2018

 

 

Bertempat di ruang aula Inspektorat Provinsi Jambi, Inspektur Provinsi Jambi Dr. Kailani, S.H., M. Hum. pada hari Senin, 26 Maret 2018 telah mengambil sumpah jabatan dan melantik pejabat Fungsional Auditor di lingkungan pemerintah Provinsi Jambi. Pelantikan ini dihadiri oleh Inspektur, Pejabat BKD, serta para undangan yang merupakan pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Inspektorat Provinsi Jambi. adapun pejabat yang dilantik adalah sebanyak 2 orang yang terdiri dari 2 (dua) orang pejabat fungsional auditor yang diangkat melalui pengangkatan pertama.

Sebagaimana diketahui, bahwa pejabat fungsional Auditor merupakan jabatan fungsional yang khusus serta memiliki kewenangan untuk melaksanakan audit pada saat melaksanakan pemeriksaan ke SKPD. Dengan demikian guna menjaga komitmen dalam pelaksanaan tugas, perlu untuk diambil sumpah dan dilantik oleh pejabat yang berwenang. Dalam pelantikan tersebut, pejabat Fungsional Auditor juga membacakan dan menandatangani Pakta Integritas, yang merupakan bentuk komitmen untuk melaksanakan tugas secara Profesional, responsif dan serta menghindari KKN.

Dalam sambutannya, Inspektur menyampaikan harapan agar pejabat fungsional auditor yang dilantik dan diambil sumpah dan pejabat fungsional auditor lainnya dapat meneguhkan niat dan tekad untuk menjadi teladan, baik dalam menjalankan tugas maupun sebagai anggota masyarakat.

RAKOR DAN SUPERVISI PENCEGAHAN DAN PENINDAKAN KORUPSI OLEH KPK
30 2018

 

 

Dalam upaya membangun struktur pemerintahan di Provinsi Jambi yang bebas dari korupsi, Inspektorat Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Supervisi Pencegahan dan Penindakan Korupsi program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Provinsi Jambi di ruang Aula Inspektorat Provinsi Jambi, Kamis, 29 Maret 2018 pukul 09.00 WIB s/d selesai.

Acara dibuka oleh Inspektur Pembantu Wilayah II, Ir. Ainul Irfan, M. Tp. kegiatan yang dilaksanakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini dihadiri oleh semua utusan dari masing-masing OPD dalam lingkup Pemerintahan Provinsi Jambi. 

BPKP SERAHKAN LAPORAN HASIL PENGAWASAN SEMESTER II TAHUN 2018
05 2018

 

 

Wakil Gubernur Jambi Dr. Fachrori Umar, M. Hum. didampingi Sekretaris Inspektorat Provinsi Jambi telah menerima Laporan Hasil Pengawasan Semester II dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jambi didampingi Korwas Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD), Korwas Pengawasan Instansi Pemerintah (IPP) dan Korwas Akuntan Negara (AN) yang bertempat di ruang kerja Wakil Gubernur Jambi, Rabu, 4 April 2018.

RAKORWASDA PROVINSI JAMBI TAHUN 2018
20 Desember 2018

Selasa, 18 Desember 2018 bertempat di Ruang Aula Inspekorat Provinsi Jambi dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (RAKORWASDA) Provinsi Jambi 2018. Acara dibuka oleh Inspektur Provinsi Jambi, Dr. H. Kailani, SH, M.Hum. dan didampingi oleh Sekretaris Inspektorat Provinsi Jambi, Warisno, SE, M. Si. Acara dihadiri oleh seluruh Inspektur dan Pejabat Fungsional Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

 

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH PEJABAT FUNGSIONAL P2UPD
09 2018

 

Selasa, 7 Agustus 2018, Inspektorat Daerah Provinsi Jambi menyelenggarakan acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Fungsional P2UPD di lingkungan Inspektorat Provinsi Jambi. Acara yang dimulai pada pukul 16.00 WIB, berlangsung di Ruang Aula Inspektorat daerah Provinsi Jambi dan dihadiri oleh Inspektur Provinsi Jambi, Pejabat Eselon II, Pejabat Eselon III, dan fungsional. Adapun pejabat yang dilantik adalah Mulyono, S.E yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Inspektorat Provinsi Jambi. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung khidmat. Rangkaian acara diawali dengan pengambilan sumpah jabatan auditor yang dipimpin langsung oleh Inspektur. Setelah itu dilaksanakan penandatanganan Naskah Berita Acara Sumpah Jabatan dihadapan Inspektur dan para saksi.

Dalam sambutannya, Dr. Kailani, S.H., M. Hum selaku Inspektur Provinsi Jambi menekankan mengharapkan agar setiap pegawai bekerja dengan maksimal untuk memberikan kontribusi positif dalam mencapai visi Inspektorat. Selain itu, pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya, diharapkan dapat memegang sumpah dalam melaksanakan tugas. Peningkatan kualitas kerja dan pribadi pegawai diharapkan tidak hanya memberikan manfaat bagi pegawai itu sendiri tetapi juga masyarakat sekitar. Acara yang berlangsung sekitar satu jam tersebut ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari Inspektur dan para Saksi.

RAKORWASDA TAHUN 2018 DAN PENANDATANGAN PERJANJIAN KERJASAMA APIP DAN APH
25 2018

Inspektur Provinsi Jambi, Dr. H. Kailani, S. H., M. Hum. mengikuti Rakorwasda dan Penandatangan Perjanjian Kerjasama Aparatur Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Aparat Penegak Hukum (APH) yang bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa 25 September 2018 yang dihadiri oleh Plt. Gubernur Jambi Dr. H. Fachrori Umar, M. Hum.; Andi Nurwinah, S.H., M.hum. selaku Kajati Jambi, Irjen Kemendagri Sri Wahyuningsih, Bupati dan Wali kota se-Provinsi Jambi, OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Jambi serta para Undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur Dr. H Fachrori Umar meminta kepada semua penyelenggara pemerintahan untuk tidak takut dalam penggunaan anggaran karena takut terjerat korupsi sehingga terciptanya sinergi dan koordinasi Pemda, Kejari dan Kapolres untuk tindak lanjut tentang perjanjian kerjasama ini. Sementara itu Inspektur Jenderal Kemendagri, Sri Wahyuningsih mengatakan, latar belakang pentingnya perjanjian kerjasama tersebut di samping mandat dari Pasal 385 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional negara dan juga agar tidak terjadi kegamangan penyelenggara pemerintahan daerah dalam bertindak.

Diharapkan dengan adanya perjanjian kerjasama penanganan pengaduan masyarakat ini maka diharapkan tidak ada lagi keraguan dalam penyelenggara pemerintahan daerah untuk menjalankan tugasnya masing-masing khususnya dalam mengelola keuangan daerah.

PELANTIKAN PEJABAT FUNGSIONAL AUDITOR MUDA DI LINGKUNGAN INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI
07 November 2018

 

Jambi - Pada tanggal 5 November 2018 bertempat di Aula Inspektorat Provinsi Jambi. Inspektur Provinsi Jambi Dr. H. Kailani, S.H., M. Hum. melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Fungsional Auditor berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 dengan disaksikan oleh dua orang saksi yaitu H. Husairi, SIP, ME selaku Kepala BKD Provinsi Jambi dan Ir. Ainul Irfan, MTP selaku Inspektur Pembantu Wilayah II.

 

Dalam sambutannya Inspektur menegaskan bahwa salah satu faktor utama yang dapat menunjang keberhasilan pelaksanaan pengendalian intern adalah efektivitas peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Untuk itu, APIP harus terus melakukan perubahan dalam menjalankan tugas pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP), Inspektorat memiliki peran dan posisi yang sangat strategis yakni sebagai pengawas sekaligus pengawal dalam pelaksanaan program yang tertuang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pencapaian visi dan misi Gubernur dalam mewujudkan Jambi TUNTAS 2021.

 

Pejabat yang dilantik yakni: Hesti Oktari, SE; Daryono, S.IP; Juliah, SP; Feri Febriandi, SE; Elfrida Magdalena, SE; Atika Hariyanti, SE; Drs. Busrami; Arie Widyastuti, S. Sos, M.Mpd; Agus Salim, SH; dan Ahmad Farhatani, SE. Pegawai yang mengangkat sumpah jabatan tersebut didampingi oleh dua orang rohaniawan yaitu H. Ramli, S. Ag, M. Pd dan Ragnar Unjung Monang P. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini disaksikan oleh para pejabat struktural dan para pejabat fungsional Auditor di lingkungan Inspektorat Provinsi Jambi.

BINCANG PAGI DAN WORKSHOP PERCEPATAN MATURITAS SPIP & KAPABILITAS APIP LEVEL 3 PEMDA SE-PROVINSI JAMBI
20 November 2018

 

 

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M. Hum. secara resmi membuka acara Bincang Pagi dan Workshop Peningkatan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) level 3 PEMDA se-Provinsi Jambi, sekaligus menandatangani Pernyataan Komitmen dalam rangka Mendukung Terwujudnya Tata Kelola yang Baik, Berkomitmen Melakukan Percepatan Peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP Level 3 di Wilayah Provinsi Jambi untuk Mencapai Target RPJMN 2018-2019 dan dilanjutkan oleh Kepala Daerah yang lain. Acara ini bertempat di Auditorium Rumah Jabatan Gubernur Jambi, Senin, 19 November 2018 yang dihadiri oleh Kepala Daerah Kabupaten/Kota, Sekretaris Daerah beserta Inspektur Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi.

Dalam sambutannya Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Jambi mendorong Pemerintah Provinsi Jambi dan seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota yang  berkomitmen untuk meningkatkan level maturitas SPIP dan Peningkatan Kapabilitas APIP karena jika berkerja berdasarkan sistem yang baik itu benar-benar dihayati sebagai motor penggerak manajemen pemerintahan, maka tindak pidana korupsi dapat ditekan, dan dalam waktu yang sama dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dan komitmen ini merupakan kunci keberhasilan mewujudkan good governance dan clean governance. Pimpinan instansi pemerintah wajib menciptakan dan memelihara lingkungan dengan pengendalian dan pengamanan yang menimbulkan perilaku positif dan kondusif untuk penerapan sistem pengendalian intern dalam lingkungan kerjanya. Dengan sistem pengendalian yang baik, permasalahan dapat diketahui secara dini, dan dimungkinkan untuk segera diselesaikan sebelum menjadi lebih akut.

Sementara itu, Kepala BPKP Jambi, Drs.Parna, MM, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan cermat, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemerintahan. Dalam acara Bincang Pagi dan Workshop Peningkatan Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP, Deputi BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Gatot Darmanto sebagai narasumber, dan Direktorat Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah Wilayah I Dra. Bea Rejeki Tirtadewi.

 

 

 

WORKSHOP PERCEPATAN MATURITAS SPIP DAN KAPABILITAS APIP LEVEL-3 PEMDA SE-PROVINSI JAMBI
21 November 2018

Acara workshop percepatan maturitas SPIP kapabilitas APIP level 3 Pemda Se-Provinsi Jambi digelar di ruang aula Kantor Inspektorat Provinsi Jambi, Rabu (21/11). acara ini dibuka langsung oleh Irbanwil I Inspektorat Daerah Provinsi Jambi, Ir. Iskandar Is, Sp 1 yang selanjutnya dilanjutkan dengan paparan oleh Korwas APD. "Komitmen bersama bukan hanya tandatangan namun untuk mempercepat pelaksanaan SPIP level 3" tuturnya. Ia juga mengatakan bahwa penilaian maturitas SPIP wajib didukung dengan bukti yang cukup serta dilakukan penjamin kualitas (QA) berpedoman pada peraturan deputi PPKD No. 4 Tahun 2017.

Menurutnya, ketika perencanaan disusun dengan baik, maka kemungkinan besar pelaksanaan kegiatan akan berjalan dengan baik, dengan SPIP yang dapat diterapkan dengan baik pula. Oleh karena itu, untuk melaksanakan SPIP dan meningkatkan Kapabilitas APIP adalah perlu adanya koordinasi antara Kepala Daerah dan jajaran, Forkompinda, serta dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jambi. Melalui koordinasi Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP dapat tercapai untuk tersebut mewujudkan pemerintahan yang baik. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

 

 

 

 

 

EXIT MEETING PEMERIKSAAN BPK-RI ATAS PENGELOLAAN DAN PERTANGGUNGJAWABAN BELANJA DAERAH TAHUN 2018 PADA PEMERINTAH PROVINSI JAMBI
21 November 2018

Pemerintah Provinsi Jambi menggelar kegiatan EXIT Meeting Pemeriksaan BPK-RI Atas Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Belanja Daerah Tahun 2018 Pada Pemerintah Provinsi Jambi. Acara yang bertempat di ruangan Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Rabu (21/11) dihadiri oleh Drs. H. M. Dianto, M. Si selaku Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Warisno, SE, M. Si selaku Plt. Sekretaris Inspektorat Provinsi Jambi, serta Tim Pemeriksa BPK-RI Perwakilan Provinsi Jambi.

Sekda Provinsi Jambi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi yang telah memberikan bimbingan dalam pengelolaan keuangan pemerintah daerah, menurutnya ini menjadi komitmen bersama  dalam memperbaiki agar pengelolaan keuangan Provinsi Jambi menjadi lebih baik. Dalam exit meeting tersebut, Sugianto selaku Ketua Tim mengatakan bahwa masih terdapat temuan yang disebabkan rendahnya progres penyelesaian dari target yang telah dijadwalkan. Hasil temuan BPK ini nantinya akan dituangkan dalam bentuk LHP, yang didalamnya terdapat rekomendasi BPK yang harus segera ditindak lanjuti oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

 

 

SOSIALISASI PENCEGAHAN PUNGLI TIM POKJA PENCEGAHAN UPP PROVINSI JAMBI
07 Desember 2018

Tim Pokja Pencegahan UPP Provinsi Jambi melalui Inspektorat Provinsi Jambi menggelar acara Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar (Pungli) yang bertempat di Ruang Aula Inspektorat Provinsi Jambi, (6/12/2018). Kegiatan dibuka oleh Erianto Payndanan, S.H., M.H. selaku narasumber, Iskandar Is, Sp.I selaku Irbanwil II Provinsi Jambi. Dalam sambutannya Erianto mengatakan bahwa Tim Saberpungli ini adalah satu model yang sangat bagus karena tidak seperti peraturan-peraturan lain yang hanya melihat 1 masalah kemudian ditindak.

"Kasus yang ditindak sudah mulai menyeluruh yang artinya Tim pencegahan sudah melakukan tugas dengan baik."

Beliau juga menegaskan agar seluruh jajaran OPD Provinsi Jambi untuk menghindari praktik pungutan liar.

"Lebih baik mencegah daripada ditindak." tuturnya. Karena manusia tidak bisa lepas dari hukum yang berarti sudah pasti ada kaitannya dengan pelayanan yang harus kita taati.

Acara ini diakhiri dengan pengucapan ikrar bersama pencegahan pungli.

 

REVIEW MISSION ADB STAR LOAN DI KOTA JAMBI
07 Desember 2018

Kamis (06/12/2018), bertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur Provinsi Jambi, Sekda Kota Jambi yang diwakili oleh Asisten III, H. Sudirman, SH, MH menerima Tim Review Mission ADB STAR Loan  2927-INO Semester II Tahun 2018. Tim yang terdiri dari unsur Asian Development Bank (ADB), Satgas Executive Agency (EA) BPKP, Kementrian PPN/Bappenas, dan Kementrian Keuangan Republik Indonesia melakukan kegiatan review mission tersebut berkenaan dengan telah diberikan bantuan beasiswa S-2 STAR untuk melanjutkan pendidikan S2 bagi beberapa orang pegawai yang ada dijajaran Pemerintah Provinsi Jambi, dan kegiatan pendidikan S2 dimaksud telah selesai diikuti.

Untuk mendapatkan masukan terhadap program ADB STAR tersebut maka dilakukan Review Mission  tersebut, baik masukan dari Pemerintah Provinsi Jambi maupun dari para pegawai yang mendapatkan beasiswa ADB STAR tersebut.

 

Sekretaris Inspektorat Provinsi Jambi, Warisno, SE, M.Si turut hadir dalam acara tersebut. Beberapa pegawai yang menerima beasiswa ADB STAR tersebut saat ini bekerja di Ispektorat Provinsi Jambi.

RAPAT KOORDINASI LANJUTAN INTERNAL SABERPUNGLI UPP PROVINSI JAMBI
17 Desember 2018

 

Satuan tugas sapu bersih pungutan liar Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi Lanjutan Internal di ruang pola Inspektorat Provinsi Jambi, Kamis (13-12-2018) dan Jum'at (14-12-2018). Rapat kordinasi ini bertujuan meningkatkan kinerja pokja-pokja dalam memberantas pungli, pembinaan dan penindakan. Rapat ini dibuka oleh Inspektur Provinsi Jambi, Dr. H. Kailani, SH, M. Hum. Dalam sambutannya, Inspektur mengatakan bahwa pentingnya melanjutkan rapat koordinasi ini dan tim saberpungli harus bertindak tegas.

“Masyarakat harus nyaman dalam mendapatkan pelayanan, satgas mesti bertindak sesuai komitmen agar kita terhindar dari pungutan liar,” ujarnya. 

Hadir dalam rapat sebagai narasumber, Dr. Eko Budi S, S.H., M. Hum memberikan materi Pemberantasan pungli dalan perspektif sosiologi hukum.

"Pungli itu seperti fenomena gunung es: Tidak terlihat tetapi setelah tertangkap tangan baru terlihat" jelasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan Pungli dalam perspektif adat yang manghadirkan Ketua Lemabaga Adat Melayu (LAM) Jambi H. Hasip kalimudin.

Dengan terlaksananya rapat koordinasi ini diharapkan semua pihak untuk membantu pelaksanaan Saber Pungli. Pemerintah harus memberikan pelayanan sebaik mungkin tanpa ada pungutan. Masyarakat juga harus melaporkan aparat yang secara terang melakukan Pungli.

 

SOSIALISASI PENCEGAHAN PUNGLI TIM POKJA PENCEGAHAN UPP PROVINSI JAMBI HARI KE-2
07 Desember 2018

Tim Pokja Pencegahan UPP Provinsi Jambi melalui Inspektorat Provinsi Jambi menggelar acara Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar (Pungli), Jum'at (7/12/2018). Acara yang berlangusung selama 2 hari ini bertempat di Ruang Aula Inspektorat Provinsi Jambi dan diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pejabat fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi.

Acara hari ini kini dibuka oleh Inspektur Provinsi Jambi, Dr. H. Kailani, S.H., M. Hum. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kondisi di Indonesia berada dalam kondisi yang memprihatinkan karen para pelaku pungli kini telah mencakup lingkungan ASN dan juga beberapa oknum-oknum terkait.

"Ada dua subjek yang melakukan tindakan pungli dan untuk itu harus ada penegakan hukum" jelasnya.

Sosialisasi yang dilakukan seperti pada hari ini sangat tepat dengan menghadirkan para Kepala OPD, khususnya yang bersentuhan langsung dengan layanan publik. Kepercayaan masyarakat kepada birokrasi harus ditingkatkan. Maka dari itu harus ada peningkatan kualitas layanan, salah satunya adalah tidak melakukan pungutan liar serta lebih menyederhanakan aturan-aturan yang ada.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini pencegahan pungli bisa dilakukan sekaligus mampu meningkatkan layanan publik."

Acara ini diakhiri dengan pengucapan ikrar bersama pencegahan pungli.

INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI JAMBI GELAR RAPAT KERJA TAHUN 2019
02 2019

 

Inspektorat Daerah Provinsi Jambi menggelar rapat kerja tahunan guna meningkatkan peran Inspektorat dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat Provinsi Jambi. Rapat ini sekaligus menjadi evaluasi hasil kerja tahun yang lalu agar pekerjaan di tahun 2019 ini dapat diperbaiki.

Rapat ini bertempat di Ruang Pola Kantor, Rabu (02-01-2019). Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh ASN Inspektorat Daerah Provinsi Jambi. Dalam sambutannya, Dr. H. Kailani, S.H., M. Hum. selaku Inspektur Provinsi Jambi mengapresiasi kinerja pegawai di tahun sebelumnya dan berharap agar seluruh pegawai Inspektorat Daerah Provinsi Jambi dapat meningkatkan kinerja serta kapasitas diri di tahun 2019.

"Kapasitas itu penting karena profesionalisme ditentukan oleh kapasitas." ujarnya.

Beliau menjelaskan bahwa orang yang bekerja secara profesional adalah orang yang bekerja dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dan melaksanakannya dengan norma dan etika. Beliau menambahkan bahwa pegawai Inspektorat wajib mengevaluasi efektifitas kerja di bidangnya masing-masing. Beliau juga berharap agar Inspektorat mampu menjadi tangan kanan Kepala Daerah dalam mengawasi penyelenggaraan urusan wajib, termasuk urusan dekosentrasi dan tugas pembantuan dari pemerintah pusat.

"Semoga tahun ini kita dapat melaksanakan kontribusi yang besar bagi pembangunan daerah dan masyarakat." katanya sebelum menutup acara rapat.

RAPAT KOORDINASI SURVEI PENILAIAN INTEGRITAS (SPI) 2019
01 2019

Badan Pusat Statistik (BPS) bersama dengan Inspektorat Daerah Provinsi Jambi menyelenggarakan Survei Penilaian Integritas (SPI) untuk melakukan penilaian integritas di beberapa kementerian/lembaga/organisasi pemerintah. Hal ini sesuai dengan Surat Kementrian Dalam Negri No. 903/10369/SJ Tanggal 26 November 2018. Rapat ini bertempat di Ruang Pola Inspektorat Daerah Provinsi Jambi, Kamis (3/01/2019) dan dihadiri oleh Kabakeuda Kab/Kota, Inspektorat Kab/Kota, Bappeda Kab/Kota, BPS Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Acara dibuka oleh Inspektur Daerah Provinsi Jambi, Dr. H. Kailani, S.H., M. Hum. bersama dngan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, Dadang Hardiwan.

INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI JAMBI MENGGELAR RAPAT KOORDINASI PENYELESAIAN TLHP BPK, BPKP, ITJEN KEMENDAGRI
14 2019

Inspektorat Daerah Provinsi Jambi menggelar acara Rapat Koordinasi Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK RI, BPKP dan ITJEN Kemendagri yang dilaksanakan pada Senin, 14 Januari 2019 di Ruang Pola Inspektorat Daerah Provinsi Jambi.

Acara ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemerintah Daerah, meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab Pemerintah Daerah tentang pentingnya tindak lanjut hasil pemeriksaan dan meningkatkan koordinasi sistem pengawasan antara APIP. Acara ini dibuka oleh Inspektur, Dr. H. Kailiani, S.H., M. Hum. dan dihadiri oleh Kepala dan Pejabat Fungsional 43 SKPD se-Provinsi Jambi.

Dalam pengarahannya, Inspektur mengatakan dengan penyelenggaraan acara ini diharapkan adanya kepastian soal penyelesaian adminitrasi keuangan daerah, serta ada kepastian soal penegakan hukum terkait masalah-masalah yang menjadi temuan.

"Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan merupakan bagian dari upaya perbaikan manajemen pemerintah, sedangkan penuntasan hasil pengawasan dapat mendorong pemulihan citra kewibawaan pemerintah" jelasnya.

INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI JAMBI MENGGELAR ACARA COFFEE MORNING BERSAMA PERWAKILAN BPKP PROVINSI JAMBI
17 2019

 

Inspektur Daerah Provinsi Jambi, Dr. Kailanni, S.H., M. Hum. bersama pejabat struktural menggelar acara Coffee Morning (Ngopi Pagi) dengan Tim Perwakilan BPKP Provinsi Jambi, Kamis (17/01/2019) yang bertempat di Ruang Inspektur.

Acara ini berlangsung santai sambil ngobrol-ngobrol. Inspektur dalam sambutannya mengatakan bahwa pertemuan-pertemuan seperti ini diharapkan dapat dijadikan wadah dan sarana untuk terus memelihara hubungan dan komunikasi yang baik antar lembaga.  Selain rama tamah acara diisi dengan sharing dan tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama.

SOSIALISASI PELAKSANAAN SURVEI PENILAIAN INTEGRITAS (SPI) 2019 BERSAMA INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI DAN BPS PROVINSI JAMBI
19 2019

Inspektur Daerah Provinsi Jambi menghadiri Acara Video Conference Sosialisasi Pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) 2019. Acara ini bertempat di aula Badan Pusat Statistik (BPS)  Provinsi Jambi, Jum'at, (18/01/2019). Acara yang berlangsung dari pukul 08.30 wib sd 10.00 wib ini dihadiri oleh Inspektur Daerah Provinsi Jambi Dr. H. Kailani SH, M. HUm., Kepala BPS Provinsi Jambi Dadang Hardiwan, S.Si, M. Si selaku pembicara Deputi Bidang pencegahan KPK RI dan Deputi Bidang statistik sosial BPS RI, Plt. Sekretaris Inspektorat Daerah Provinsi Jambi Warisno, SE, M. Si, Inspektur Kota Provinsi Jambi Drs. H. Hafni Ilyas dan segenap pejabat struktural dan fungsional di jajaran BPS Provinsi Jambi.

Pada saat dialog berlangsung saat acara video conference, Provinsi Jambi mendapat kesempatan pertama menyampaikan kepada pembicara Bpk Deputi Pencegahan KPK dan Deputi Bidang Statistik Sosial BPS. Inspektur Provinsi Jambi Dr. H. Kailani, SH. M.Hum menyampaikan bahwa SPI juga merupakan kepentingan pemerintah daerah, oleh karena itu pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten Kota bersama BPS Provinsi Jambi dan Kota Jambi telah mengadakan rapat koordinasi penyediaan anggaran SPI tahun 2019 yang dihadiri Inspektur, Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA),  Kepala Badan Keuangan Daerah,  BPS Prov/Kab/Kota. Inspektur juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi siap menganggarkan biaya SPI Tahun 2019 pada anggaran APBDP Tahun 2019 di Inspektorat Daerah Provinsi Jambi.

ARISAN DHARMA WANITA PERSATUAN INSPEKTORAT DAERAH PROVINSI JAMBI
07 2019

Jambi, dilaksanakan acara Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jambi pada acara arisan rutin bulanan yang bertempat di Gedung DHarma Wanita Provinsi Jambi, Rabu (06/02/2019). Tampak hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan Inspektorat Provinsi Jambi Ibu Hj. Efriyati Kailani, Ketua Dharma Wanita Provinsi Jambi Ibu Neta Aryani Dianto dan ibu-ibu anggota DWP Unit dari SKPD Provinsi Jambi.

RAPAT PEMANTAPAN PERSIAPAN PELAKSANAAN RAKORWASDA DAN EKSPOSE TIM SATGAS DAN POKJA INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI
12 2019

Inspektorat Daerah provinsi Jambi mengadakan Rapat Persiapan Rakorwasda dan Ekspose Paparan Rencana Aksi dari seluruh Tim Satgas dan Pokja pada hari Senin, tanggal 11 Februari 2019 yang bertempat di Aula Inspektorat Provinsi Jambi. Rapat ini dipimpin langsung oleh Inspektur Provinsi Jambi Dr. H. Kailani, S.H.,M. Hum. dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural, auditor, P2UPD serta staf fungsional umum dan PTT.

Dalam kesempatan tersebut membahas tentang persiapan acara Rakorwasda yang akan digelar di pertengahan bulan Februari serta membahas hasil Rapat Tim satgas dan Pokja Inspektorat Jambi dalam bentuk paparan Rencana Aksi masing-masing tim. Dalam sambutannya Inspektur mengatakan bahwa Inspektorat seharusnya proaktif dalam meberikan layanan di lingkungan sendiri maupun di OPD dan masyarakat karena itu akan menguatkan fungsi Inspektorat sebagai unit pelayanan.

"Ini sebagai peluang kita untuk berkontribusi secara luas kepada semua jajaran kepentigan dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam Provinsi Jambi" jelasnya.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan Ekspose Paparan Rencana Aksi Tim Satgas dan Pokja Inspektorat Daerah Provinsi Jambi.

 

PENANDATANGANAN PERNYATAAN KOMITMEN PENGENDALIAN GRATIFIKASI DI INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI
14 2019

 

 

Jambi - Kamis (14/02/2019) diselenggarakan acara penandatanganan pernyataan komitmen pengendalian gratifikasi di Inspektorat Daerah Provinsi Jambi yang bertempat di ruang aula Inspektorat pada pukul 09.00 WIB. Acara ini di buka langsung oleh Inspektur Provinsi Jambi Dr. H. Kailani, S.H., M. Hum., dan dihadiri oleh seluruh pejabat struktural, auditor, P2UPD, fungsional umum dan PTT.

Sebelum penandatanganan komitmen dilakukan, Inspektur dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan Gubernur Jambi pada 13 Februari kemarin. "Semoga Beliau dapat menjalankan tugas dengan baik dan amanah."

Inspektur juga mengatakan bahwa adanya peningkatan kinerja pada Inspektorat dan Beliau memuji hal itu. Beliau berharap agar Inspektorat dapat memberikan pelayanan yang baik sesuai dengan asas good governance sesuai dengan tagline "Inspektorat Melayani". Acara kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan ramah tamah.

 

RAKOR DAN EVALUASI PROGRAM PEMBERANTASAN KORUPSI TERINTEGRASI TAHUN 2018 DAN SOSIALISASI PROGRAM 2019
13 2019

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti rendahnya kesadaran para penyelenggara negara di Provinsi Jambi dalam melaporkan harta kekayaannya. Periode 2018, baru 34,83% eksekutif yang melaporkan harta kekayaannya, sedangkan di tingkat legislatif baru 19.07%.

Angka yang rendah juga terlihat dalam kepatuhan pelaporan penerimaan gratifikasi. Selama 4 tahun terakhir (2015-2018) baru 0.005% pejabat/ASN yang melaporkan gratifikasi atau hanya 4 orang dari total populasi ASN di Provinsi Jambi yang berjumlah 79.684 orang.

Sejak tahun 2017, KPK telah melakukan pendampingan terhadap pembenahan tata kelola pemerintahan daerah guna mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di wilayah Provinsi Jambi. Untuk memperkuat konsolidasi dan komitmen pemerintahan daerah, khususnya di wilayah Provinsi Jambi, KPK menggelar rapat koordinasi dan evaluasi pada Selasa(12/3) di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Rapat koordinasi  dan evaluasi ini dilakukan dalam rangka penyampaian hasil evaluasi atas pelaksanaan program pencegahan korupsi di wilayah Provinsi Jambi selama tahun 2018. Kegiatan ini melibatkan Gubernur Jambi, Bupati dan Walikota se-Provinsi Jambi, Sekretaris Daerah dan Inspektur se-Provinsi Jambi.

Dalam rapat tersebut disampaikan beberapa hal hasil evaluasi program pencegahan korupsi, khususnya terhadap 8 sektor, yaitu perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), dana desa, optimalisasi penerimaan daerah, dan manajemen aset daerah. Disamping itu, disampaikan beberapa hal yang menjadi fokus kegiatan Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) di tahun 2019, yaitu selain kedelapan sektor tersebut, juga sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sumber daya alam, dan BUMD.

Secara umum, hasil evaluasi tahun 2018 untuk wilayah Provinsi Jambi sebesar 56%.Capaian ini mengalami kenaikan dibanding tahun 2017 yaitu sebesar 49,6%. Rincian hasil evaluasi capaian program pencegahan korupsi dalam 2 tahun terakhir adalah sebagai berikut:

Selanjutnya, KPK akan terus mendorong pemerintah daerah di Provinsi Jambi untuk menjalankan rekomendasi tersebut dan memantau keberlangsungan rencana aksi. KPK juga berharap masyarakat bisa ikut melakukan pengawasan dengan efektif, dan tidak permisif pada tindak pidana korupsi sekecil apapun.

RAPAT TEKNIS PEMBINAAN DAN PENGAWASAN BENDAHARA PENGELUARAN OPD DI JAJARAN PEMPROV JAMBI
19 2019

 

Inspektorat Daerah Provinsi Jambi menggelar Rapat Teknis Pembinaan dan Pengawasan Bendahara Pengeluaran OPD di Jajaran Pemprov Jambi. Rapat yang bertempat di Ruang Pola Kantor Inspektorat Daerah Provinsi Jambi (19/03) ini dihadiri oleh seluruh Bendahara OPD di jajaran Pemprov Jambi dan dibuka langsung oleh Inspektur Provinsi Jambi Dr. H. Kailani, S.H.,M. Hum.

Rapat ini bertujuan untuk membantu kepala daerah untuk membantu pembinaan dan pengawasan terhadap urusan-urusan pemerintah daerah atau sebagai perpanjangtanganan pemerintah pusat di daerah. Dalam paparannya, Inspektur mengatakan bahwa tata kelola harus ditingkatkan karena kita wajib menjalankannya sesuai peraturan perundang-undangan.

"Pengawasan adalah pengawasan intern OPD. Bendahara masuk ke dalam pelaksanaan keuangan negara oleh karena itu bendahara selalu menjadi objek pemeriksaan" jelasnya.

 

Beliau juga menjelaskan bahwa tanggung jawab keuangan negara adalah kewajiban pemerintah pusat maupun daerah untuk tertib, taat kepada peraturan perundang-undangan. Taat pada peraturan perundang-undangan tidak secara otomatis tertib, karena bisa terjadi ketidaktertiban.

 

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

 

DHARMA WANITA PERSATUAN INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI
17 2019

 

Dharma Wanita Persatuan Kantor Inspektorat Daerah Provinsi Jambi rutin melaksanakan arisan bulanan. Pelaksanaan acara ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Inspektorat Daerah Provinsi Jambi. Bu Hj. Efriyati Kailani selaku Ketua Dharma Wanita dalam sambutannya mengajak peserta yang hadir agar selalu aktif mengikuti kegiatan yang sudah menjadi kewajiban bersama. Hal ini berguna untuk menjalin silaturahmi sesama antar anggota.

Selain itu kegiatan ini berguna untuk menambah informasi dan pengetahuan dalam mendampingi suami menjalankan tugasnya sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat. Seorang Istri harus pandai memberikan motivasi, dukungan dan do'a untuk suami dalam menjalankan tugasnya dengan baik, karena keberhasilan seorang suami dalam menjalankan tugasnya tidak lepas dari usaha seorang istri. 

Di akhir sambutannya Ketua Dharma Wanita mengucapkan terima kasih kepada Ibu-Ibu Dharma Wanita yang telah meluangkan waktunya mengikuti acara arisan.

PELATIHAN KANTOR SENDIRI (PKS) DI LINGKUNGAN INSPEKTORAT PROVINSI JAMBI
19 2019

 

Sebagai sarana untuk peningkatan kemampuan auditor di lingkungan Inspektorat Provinsi Jambi, pada Senin 13 Mei 2019 di Ruang Pola Inspektorat Provinsi Jambi dilaksanakan Pelatihan di Kantor Sendiri (PKS) dengan materi bahasan "Peningkatan Kapabilitas APIP dan Penyusunan Register Resiko OPD". Program Pelatihan di Kantor Sendiri (PKS) adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi pegawai di Inspektorat Provinsi Jambi, maka diharapkan agar kedepan apabila ada personil yang habis mengikuti diklat, sosialisasi maupun pelatihan untuk dapat berbagi ilmu.

Acara ini diikuti oleh pegawai struktural, fungsional auditor dan fungsional umum.

RAKER LINTAS UNIT KERJA UPP KAB/KOTA PROVINSI JAMBI
24 2019

 

 

Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Satuan tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jambi, menggelar rapat kerja untuk mengoptimalkan kinerja UPP Kabupaten/Kota dalam pemberatasan pungli melalui strategi pembinaan dan penindakan. Rapat ini bertempat di Ruang Aula Inspektorat Daerah Provinsi Jambi, Kamis (18/07).

Dalam arahannya Ketua UPP Provinsi Jambi, Kombes Pol Hari Nartanto menjelaskan, rapat kordinasi yang dilaksanakan ini adalah dalam rangka konsolidasi internal guna untuk menyatukan persepsi rencana program kegiatan yang dilaksanakan di tahun 2019 ini, dan merumuskan referensi serta langkah langkah kerja tim saber pungli. Untuk meningkatkan operasi tangkap tangan yang dinilai masih minim pada tahun sebelumnya. “Mari sama-sama Tim saber pungli melakukan rencana kerja, dan anggaran kita sama dengan tahun 2018 lalu, yaitu sebesar 1 milyar lebih. Dan dengan melakukan program kerja, saya harapkan anggaran ini bisa terserap dengan baik. Di tahun 2018 lalu, anggaran kita cuma terserap 72 persen ya, ke depan saya harapkan tim terus maksimal,” papar beliau.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, tim saber pungli bisa mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih.

RAPAT KOORDINASI PENCEGAHAN PUNGLI PADA SEKTOR SEKOLAH MENENGAH ATAS
09 November 2019

 

 

Tim Saberpungli UPP Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi Pencegahan Pungli pada Sektor Pelayanan Publik Bidang Pendidikan Menengah Atas pada Kamis, (7/11) yang bertempat di Ruang Aula Inspektorat Daerah Provinsi Jambi. Rapat kordinasi ini bertujuan meningkatkan kinerja pokja-pokja dalam memberantas pungli melalui strategi pembinaan dan penindakan untuk membentuk komitmen dalam pelayanan publik agar bersih, transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

AKBP Dedi Kusuma Siregar selaku Sekretaris UPP Provinsi Jambi mengatakan, rapat kordinasi pencegahan pungli yang dilaksanakan melibatkan SMA dan SMK di Provinsi Jambi. "Diawali dengan rapat koordinasi, kita mengundang pemangku kepentingan dan juga kepala sekolah," katanya usai membuka acara. AKBP DR. Eko Budi kelompok ahli UPP Provinsi Jambi mengatakan, saat ini untuk kebijakan pemerintah di bidang pendidikan sudah baik. Namun masih ada kekurangan, untuk menyikapi itu perlu ada perbaikan lebih lanjut.

"Pada dasarnya kita harus berkomintmen membangun kesadaran untuk memberi layanan publik di bidang pendidikan yang beraih untuk mewujukan Indonesia yang maju," ujarnya.

Sementara itu, Ferdiansyah Wakil Sekretaris Inspektorat Provinsi Jambi menyampaikan peran inspektorat untuk mencegah pungli selaku aparat interen pemerintah dalam program tahunan ada kegiatan pengawasan dan pembinaan.