Pemerintah Provinsi Jambi Terima Penghargaan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menerima penghargaan dari Itjen Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr Tumpak H Simanjuntak dan masuk 10 besar Provinsi yang telah menyelesaikan tindak lanjut temuan tersebut dimana Provinsi Jambi sebelumnya terdapat 22 temuan dengan 37 rekomendasi.

Selain Provinsi Jambi, setidaknya ada 7 lagi Pemprov lainnya yang juga mendapat penghargaan, yakni Provinsi Kaltim, Jateng, DI Yogyakarta, NTT, Sulteng, Maluku Utara dan Papua Barat. Plt Inspektur Provinsi Jambi Ferdiansyah mengatakan, semua temuan telah selesai, tentu ini bisa dicapai karena kerjasama yang baik dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemprov Jambi.

"Penghargaan yang kita terima ini, diberikan atas tindak tindak lanjut temuan Itjend Kemendagri tahun 2019 yang telah ditindaklanjuti oleh Pemprov Jambi secara keseluruhan atau 100 persen baik temuan administrasi maupun keuangan," katanya, Jum'at (8/9/2021).

Ferdiansyah menjelaskan, tujuan utama dari tindaklanjut ini adalah untuk meningkatkan efektifitas dan dampak dari laporan audit, sehingga memberikan perbaikan tata kelola pemerintahan daerah.

"Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, dan Kepala Perangkat Daerah wajib melaksanakan tindaklanjut hasil pembinaan dan pengawasan," tegasnya.

Untuk membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan tindaklanjut hasil pembinaan dan pengawasan, Wakil Kepala Daerah mengoordinasikan pelaksanaan tindaklanjut hasil pembinaan dan pengawasan.

"Dalam mengoordinasikan pelaksanaan tindaklanjut hasil pembinaan dan pengawasan wakil kepala daerah dibantu oleh inspektorat," tulisnya.

Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) wajib tanpa dan melakukan pemutakhiran data tindaklanjut hasil pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan daerah. Pelaksanaan pemutakhiran data tindaklanjut hasil pembinaan dan pengawasan pemerintahan daerah dilaksanakan paling sedikit 2 kali dalam 1 tahun. Hasil pemutakhiran data sebagaimana dimaksud secara nasional dikoordinasikan oleh Menteri.